Friday 11 June 2010

Sunhee Susah Jodoh {potekan 1}

“Hee!”

Sunhee terus berjalan tanpa memedulikan suara orang yang memanggilnya dari jauh.

“Hee! Woi Song Sunhee!”

Sunhee berhenti, menghentakkan sebelah kakinya dengan keras lalu berbalik badan.

“HEH. Udah berapa kali gue bilang kalo manggil gue tuh Sun, jangan Hee! Ga enak tau dengernya. Lagian kalo lo manggil gue Hee, yang nengok bakal berapa orang coba, ha?”

Sang tersangka pemanggil Hee itu cuma diam dan membetulkan letak kacamatanya. “Udah kebiasaan manggil lu Hee!”

“Seterah! Ampe lo panggil gue Hee lagi gue ga bakal nengok!” Sunhee manyun dan balik badan lagi dengan heboh hingga rambut coklatnya itu mengibas ke muka si tersangka.

“PUEH. HANJA. Rambut lu tuh kayak ijuk tau ga? Seenaknya aja dikibas-kibasin. Rambut lu ama buntut kuda masih alusan buntut kuda!” kata doi pemanggil Hee sambil berlari pergi dan sesekali melet-melet ke Sunhee.

“YA! KIM KIBUM RESEH LU YE!!!!”

~~~~~

“Gradien garis singgung kurva y = x3 + 3x – 1 sama dengan 6. Jika titik singgung dilalui oleh parabola y = x2 + 2 maka ordinat titik singgung =…. ?”

“Nyerah ah gue, Ki,” Sunhee menghela napas sambil naro pensil di atas bibirnya dan memonyongkan mulutnya.

“Hee, manggil gue jangan pake Ki nape? Emang gue aki lu?” Kibum ikutan manyun dan sekali lagi membetulkan letak kacamatanya.

“Lu aja manggil gue Hee mulu. Suka-suka gue manggil lu apa. Huh. Eh ini gradien apa apaan sih. Pelajaran kelas XI kalo ga salah. Kita masuk sastra inggris begini, gue kira ga bakal ada matematikanya. Ternyata masih disuguhin matematika buat semester pertama. Ngek,” kata Sunhee. Dia mulai mencoret-coret asal di sebuah buku.

“ET BUKU GUE JANGAN DI CORET. Set dah. Kalo tangan gatel, coret buku dewek ngape? Ini buku orang dikotorin..” Kibum sewot dan mengeluarkan suara cemprengnya.

“Berisik lu CINA. Itu buku gue aja ada di wilayah meja lo. Sini balikin!” perintah Sunhee.

“Iya, Tuan Putri…” sahut Kibum. Sunhee tersenyum puas. “…kegelapan.”

“APA LO BILANG?”

“SSSSSSSHT~!!!!”
Sunhee langsung menutup mukanya dengan buku karena takut dipelototin orang seisi perpus. Salahnya juga sih tereak-tereak di perpus. Kibum menggerakkan bibirnya seraya berbisik “mampus lu”.

“Ki..”

“Ape?”

“Kita kan udah tengah semester pertama nih yak. Perasaan kok kita kaga eksis-eksis dah? Begaul gitu ama yang lain. Ikutan ekskul kek, aktif di organisasi mahasiswa gitu kek…” Sunhee mendengus dan berbisik, “..punya pacar kek.”

“Ha? Punya pacar?” Kibum otomatis kaget dan matanya yang sipit itu mendadak belo.

“Bosen gue Ki kaga ada yang merhatiin! Sejak putus dari June pas jamannya gue SMA kelas X! Abis dia rese. Tapi gue kangen. Bukan kangen dia sih. Kangen ada yang care gitu, Ki…” kata Sunhee dengan melas.

Kibum melihat kembali ke bukunya dan mengetuk-ngetukan pensilnya. “Gue biasa aja ah, Hee. Gue kaga pernah punya pacar si, lu tau kan.”

Sunhee menoleh ke Kibum. “Iya ya. HAHA. Melas lu, Ki! Emang kenapa dah lo kaga pernah gitu deket ama cewe?”

“Emang situ apaan kalo bukan cewe?” canda Kibum.

“Selain gue, Ki -__-”

Kali ini giliran Kibum yang menghela napas. “Gue..”

Dia berhenti sambil memandang Sunhee yang menekuni buku math-nya. “Hm?” Tanya Sunhee, tidak mengalihkan perhatiannya dari buku.

“Gue emang.. susah jodoh kayaknya,” lanjut Kibum dengan melas.

Sunhee berhenti. Menatap Kibum lagi, lalu nunduk dan mukul-mukul meja tanpa suara. Bangun-bangun mukanya udah merah nahan ketawa.

“Tenang ya, Ki. Nanti gue cariin cewe yang baik bakal elu! Lo juga cariin gue cowo tapi!”

Kibum hanya bisa tersenyum sepet. “Iye.”

~~~~~

“You and I together it just feels so right~~ nananananananana..”

“JEGER!”

“KWETIAU SEAFOOD GORENG. Sialan lu, Sun!”

Sunhee cengengesan sambil duduk disebelah Daehee yang sedang dengerin iPodnya. “Mana laki lo? Si Mohawk setengah pirang petok-petok ringdingdong itu?”
“Sun, dia punya nama ya. Namanya JONGHYUN. OKE. Belom selese kuliah dia. Nah lu ada apaan maen-maen ke fakultas gue?” Tanya Daehee, melepas earphonenya.

“Mejeng lah! Sekalian ngobrol ama elu, sekalian ngecengin apakah ada anak fakultas hukum yang oke! Mau punya pacar juga gue kayak elu, Dae,” kata Sunhee. Matanya menjalar kemana-mana.

“Sedih amet sih lu, Sun. Lo ya, udah cantik, bae, lumayan pinter. Kurang apa? Lo kurang peka, kurang bisa diem, ga bisa masak, ga jago olahraga apapun, ga bisa maen alat musik, kurang waras..”

“EITS. Gue terima lo bilang segala kekurangan gue. Tapi yang terakhir apa-apaan tuh? Gue ga kurang waras! Emang gue ga waras sama sekali,” kata Sunhee dengan bangga.

Daehee nempeleng pala Sunhee ampe Sunhee maju kedepan. “Pantes lu susah jodoh!”

“Biarin! Yang penting yang susah jodoh bukan gue doing, tapi Kibum juga! HAHAH si cina cempreng,” Sunhee tertawa iblis.

Daehee mengerutkan alisnya. “Ha? Oh si temen SMA lo dulu itu.. mana dia sekarang? Bukannya lo ngintilin dia mulu ya?”

“Enak aja, gue yang dikintilin mulu ama dia! Udah pulang dia di telpon emaknya minta bantuin masak HAHAHA. Tapi salut lah gue dia bisa masak. Daripada gue. Masak air aja angus.”

Daehee makin mengerutkan alisnya dan menyesali mempunyai sahabat sebego dan sepolos Sunhee meskipun cantiknya udah kayak apaan tau.

Tiba-tiba sesosok laki berambut setengah coklat setengah pirang, cengengesan dari jauh dan membuat Sunhee bersyukur karena ada yang lebih ga waras daripada dirinya, menutup mata Daehee dari belakang.

“Tebak siapaaaaa?” kata laki setengah coklat setengah pirang itu dengan suara banci. Sunhee mau muntah dengernya.

“EH? Eh siapa nih, Sun? SUN! TOLONGIN GUE!” teriak Daehee dengan panik.

“Dasar pasangan sableng,” dengus Sunhee.

“Oh, Jonghyun! KYAAA~~,” Daehee menjerit kesenengan. Dia berdiri dan langsung memberi Jonghyun ciuman kilat di bibirnya. Sunhee memutar bola matanya dan menjulurkan lidahnya.

“Gue minggat deh ya, nyari kecengan lagi. Mules perut gue liat lo bedua!” kata Sunhee dengan sensi dan beranjak pergi.

“Dah, Sunhee!” kata Jonghyun dan Daehee barengan. Sunhee yang sudah berjalan hanya melambaikan tangannya dari jauh.

~~~~~

“Iya unn! Jadi tadi tuh ya, si Minho lalalalalala, blablablabla, anananannaa, aldjksahfufgsjdasdkasjduerjw.. terus aku tadi alskdjarqiwurroqrqrlsdnxcb…”

Sunhee menguap sambil membetulkan letak earphonenya. Dia sudah mengantuk. Novel buatannya yang sedang dia ketik di laptop jadi terbengkalai. Suara Jihee di seberang telpon kedengeran kayak alien lagi kumur-kumur.

“Jadi gimana menurut unnie?”

“GROOOK~~”

“Unn? Unnie melihara babi? Kok aku baru tau..” Tanya Jihee dengan amat polos.

“Sialan lu Ji, itu suara gue ngorok. Eh gimana tadi? Minho kenapa? Coba ulang lagi dari awal,” pinta Sunhee sambil ngelap iler.

Terdengar hembusan napas di seberang. “Unn aku cape. Makasih deh udah dengerin. Bbi rong bbi…”

“EEEEH TUNGGU. Besok aku nemuin Minho deh minta penjelasan ngapain dia jalan ama Kristal beling ahli debus itu ya. Kamu jangan sedih. Aku lagi ga punya pisang,” kata Sunhee.

“HAHAHA gapapa aku punya banyak pocky pisang disini jadi aku ga bakal sedih! Tengkyu ya unn. Aku heran deh, unnie pakar banget soal cinta tapi kenapa sendirinya ga punya cowo?” Jihee bertanya lagi dengan polos lagi dan sangat menohok.

Sunhee batuk-batuk ga jelas dan srot-srotin ingus. “Hmm. Sebenernya pengen juga Ji punya cowo tapi apa daya. Tampang secantik ini ternyata masih kurang, harus ada talent yang sepesial gitu Ji, pake telor.”

Jihee naikin alis, bingung dengan apa yang dimaksud cewe sarap di seberang telpon yang udah dia anggep bagai unnienya sendiri. “Sabar ya unn aku bantuin cari deh. Unnie mau yang kayak apa? Di fakultasnya Minho banyak kok unn cowo ganteng dan tajir, tinggal pilih!”

“Fakultas Minho? Bentar.. teknik ya? WAH ANAK TEKNIK PASTI COOL. Oke besok jemput aku di fakultasku ya terus kita ke teknik bareng!” Sunhee langsung bermood cerah.

Tiba-tiba sebuah sms mendatangi hapenya *?*. Sunhee membuka inboxnya.

From : C2 (Cina Cempreng)
Hee, makalah kite tentang multikulturalisme di eropa begimana?


“Ji, udahan dulu ya telponannya, kudu ngerjain tugas nih! Oke. Bbi rong bbi rong!”

~~~~~

“SUUN? MAKAAAAAN!”

Sunhee memakai bajunya dengan asal lalu buru-buru turun tangga. “IYE MAMA CANTIK. SET DAH YAK. Kaga usah pake toa bisa kali.”

“Anak ama emak sama aja, toa toa juga!” canda seseorang sambil menarik rambut Sunhee dengan pelan.

“Ah oppa! Ga usah narik rambut napa, baru krimbat sendiri nih!” Sunhee ngamuk dan membelai rambutnya sendiri.

“Krimbat sendiri? Pantes kaga ngefek!” Seungho melet di depan muka adeknya dan berlari ke ruang makan.

“MAMAAAA, OPPA NAKAL!” teriak Sunhee, 3856238 kali lebih toa dari teriakannya sebelumnya.

“Hush, Sunhee! Udah tau oppa kamu centil ama adek sendiri, ga usah diladenin dong! Ga usah teriak juga, malu ama Mpok Inyong,” kata Papa Sunhee yang mirip bintang legendaries, Rain, dengan bijak.

Sunhee menoleh ke Seo Inyong, pembantunya yang dia rasa lebih cantik daripada dirinya sendiri, yang sudah mengurus rumahnya dan loyal padanya sejak dia masih kecil. “Maap ya, Mpok! Pasti pengeng ye denger teriakan aye mulu tiap hari?”

“Kaga pape, Neng! Udah biasa! Silakan duduk tuh Neng, udah disiapin makanannya,” kata Mpok Inyong dengan suaranya yang imut itu.

“Wets! Cumi rica ama kangkung tumis bawang putih! Mpok Inyong emang paling top dah masakannya!” kata Seungho girang sambil duduk dan langsung nyentongin nasi ke piringnya.

Keluarga Song pun resmi memulai makan malamnya. Di rumah mereka yang tidak terlalu megah namun minimalis dan futuristic itu, suasana kehangatan keluarga sangat terasa.

Sunhee tinggal bersama kedua orang tuanya, Song Jihoon dan Song Hyegyo serta abangnya yang rese namun tetap disayang, Song Seungho. Ditambah Mpok Inyong yang membantu mama Hyegyo untuk mengerjakan segala pekerjaan rumah tangga. Keluarga Song memang bukan keluarga paling tajir di Korea, tapi mereka berkecukupan. Papa Jihoon bekerja sebagai dosen di sebuah universitas, sedangkan Mama Hyegyo baru saja membuka salon pertamanya. Seungho sendiri sedang mengadu nasip dengan jurusan ilmu komunikasi yang dia ambil, katanya sih, sekalian nunggu beasiswa dari Australia.

Sedangkan Sunhee sendiri, nasibnya miris. Abangnya udah punya cewe, cantik banget mirip UEE. Namanya lupa siapa, bentar ya ditanya dulu. Oh ya namanya Cho Sunyoo, biasa dipanggil Sunny. Seumuran sama Sunhee, baik, manis, suara oke. pantes sang abang kepincut, emang demenannya yang imut-imut.

Secara teknis abangnya lebih pinter daripada Sunhee. Mungkin karena lahir duluan? Abangnya ini berbakat di segala bidang. Olahraga apa aja bisa, nyanyi bisa, maen piano jago gelaaa. Ngedance juga jago. Masak pun bisa. Sebutin kegiatan apa aja, pasti bisa dilakukan Seungho. Tapi Sunhee? Kebagian sisa doang. Kalo Seungho bisa apa aja, berarti Sunhee kebalikannya alias ga bisa apa aja. Memang ada beberapa talent yang Sunhee punya, tapi baginya, itu ga cukup eksis.

“Sun,” sahut mama Hyegyo seraya menelan makanannya. “Tadi mama ditelpon temen mama, tante Lee, inget ga?”

“Engga,” kata Sunhee sambil ngunyah.

“Yaudah pokoknya dia. Katanya dia butuh tutor English buat anaknya. Nah berhubung dia males cari guru mahal, mama rekomendasiin kamu deh, lumayan kan? English kamu lancer dan faseh, udah gitu temen mama ga perlu bayar mahal. Semua senang, semua untung,” kata mama Hyegyo sambil tersenyum cantik.

“Anda puas saya lemas itu namanya, Ma. Cape, Ma, aku! Lagian berani bayar berapa sih, si tante Lee itu?” tanya Sunhee dengan nyolot.

“Anaknya ganteng loh, Sun. Hampir seumuran kamu. Eh apa diatas kamu dua tahun ya?” lanjut mama Hyegyo.

“OKE DEAL. Kapan dan dimana, Ma?”

~~~~~

Sunhee berjalan dengan cepat ke arah sesosok mahluk berkacamata yang sedang membaca buku di bangku taman fakultas. Sunhee tersenyum lebar dan menepuk pundak si mahluk.

“Woy, Ki!”

“Hm?” gumam Kibum dengan kesal. Dia paling ga suka kalo lagi asik baca terus diganggu.

“Akhirnya dapet juga kecengan baru!” Sunhee duduk disamping Kibum. “Baca apa lagi lo?” tanyanya sambil melihat cover buku yang dipegang Kibum. “The Book of Lost Things?”

Kibum dengan cepat menutup bukunya. “Ah elu, Hee! Lagi seru juga, baru nyampe David masuk ke dunia dongeng itu. Kecengan apa maksud lo?”

“Nyokap nyuruh gue ngelesin anak temennya! Ngelesin English doanglah gampang, lumayan kan gue digaji sambil cuci mata? HAHA!” Sunhee terlihat amat girang seperti tante yang mau dibelikan satu set panci happy call.

Kibum ikut tersenyum. “Seriusan lu, Sun? Eh.. Hee? WAH gitu mah gue juga mau! Tanyain ada anak yang cewe ga?”

“WU!” Sunhee nempeleng pala Kibum. Ni bocah bedua emang hobi tempelengan. “Lu mah ngasi les privat bahasa mandarin aja sono! Cocok ama muka lo! HAHAH!”

Kibum masang muka -____- tapi berubah jadi =) secepat kilat. “Seneng lah gue liat temen gue lagi girang! Seengganya gue dicaci maki dengan mood yang baik. Gue traktir dah makan siang kali ini, Hee!”

“SERIUSAN LU? GYAAA AYO KI!” Sunhee makin girang dan refleks menarik lengan Kibum ke arah kantin, sementara Kibum hanya geleng-geleng sambil senyum.

~~~~~

Sunhee menatap ke luar jendela mobil. Dia melihat rumah yang kayak rumah kaca di tengah hutan itu. Tiba-tiba dia parno sendiri.

“Bang, apa ga bisa temenin ampe pintu depan aja?” pinta Sunhee.

Seungho menggeleng. “Kaga, gue kudu jemput Sunny dulu! Baru pulang ekskul vocal dia. Udah dah Sun, turun gih. Good luck ya semoga tu anak beneran ganteng ga Cuma omongan mama aja biar lu mau ngajar.”

“Lu ngancurin harapan gue banget dah, Bang.”

Seungho nyengir-nyengir ga jelas. Sunhee pun turun dari mobil dan dengan ragu berjalan ke pintu masuk rumah itu. “Duh mana bentar lagi magrib. Kenapa dia mintanya les jam segini juga sih?”

Sunhee memencet bel yang ada di samping pintu masuk. Tak lama sosok ibu paruh baya yang terlihat awet muda tapi ga secantik mama Hyegyo itu membukakan pintu.

“Oh, Sunhee ya? Wah sampe juga kamu disini, ayo nak, masuk dulu! Tante panggilin anak tante dulu ya. Mau minum apa?” tanya si Tante Lee dengan sangat baik dan ramah.

“Ah? Ga usah repot-repot, Tante. Aku ga aus kok paling kalo aus ambil sendiri, boleh ga?” tanya Sunhee. Setengah sopan, setengah nyolot.

“Ya boleh dong, anggep aja rumah sendiri ya! Sunhee tunggu sebentar ya!” Tante Lee melesat ke kamar atas dan turun lagi dengan seorang cowo yang mukanya lempeng mengikutinya dari belakang.

Sunhee mengerutkan dahi. Cowo itu kaya ga ada ekspresi idup. Mukanya lurus, datar, tapi bukan setan muka rata ya. Pokoknya ga ada ekspresi gitu. Ganteng sih, cuma Sunhee jadi rada parno liatnya. Apa dia ada masalah mental? Batin Sunhee.

“Nah, Sunhee, kenalin, ini anak tante. Jonghyun, ini tutor English kamu mulai sekarang ya,” kata Tante Lee.

Jonghyun?

“Song Sunhee ^^” ujar Sunhee seraya mengulurkan tangannya. Dia berusaha menghilangkan ekspresi parno dari wajahnya.

Cowo itu terdiam sebentar, menjabat tangan Sunhee dan tersenyum MANIS BANGET BANGET BANGET 9472357575 kali.

“Lee Jonghyun.”

To be continued!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

CASTS

Song Sunhee, si cantik pemeran utama yang sebenernya rada stupid.


Kim Kibum, temen seperjuangan Sunhee sejak SMA sampe kuliah.


Han Daehee dan Kim Jonghyun, couple paling nap$u sedunia. Daehee adalah anggota 3hee yang merupakan trio bestfriendnya Sunhee. Si Jonghyun ini pacarnya (penting ya)


Choi Minho dan Jung Jihee, couple paling manis dan innocent. Jihee juga anggota 3hee :)


Papa Rain dan Mama Hyegyo. Appa dan Umma nya Sunhee tercinta.


Song Seungho, abangnya Sunhee tercinta.


Mpok Inyong, pembantunya Sunhee tercinta (aduh maap ya Seo In Young, gue tiba2 kepikiran elu pas bikin ini)


Cho Sunyoo alias Sunny, pacarnya Seungho (aslinya Fitya loh :D)


dan yang terakhir muncul, Lee Jonghyun. Gebetan Sunhee yang pertama.

mohon maaf untuk tante Lee, saya bingung sebenernya enaknya tante diperankan ama siapa, jadi anonymous saja ya :D peace, tante, muah!

0 comments: